KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul:
“Bisnis Jam Tangan”
Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan karya tulis ini.
Penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan karya tulis ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan karya tulis ini. Akhirnya penulis berharap semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.
BAB I
PPENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pada saat ini aksesoris untuk pria maupun
wanita sangat beragam jenis dan varian nya ada yang hanya sekedar untuk
pelengkap atau untuk mempermanis diri saja dan ada juga aksesoris yang di pakai
karena memang bermanfaat bagi si pengguna nya. Melihat dari peluang itu intuk
itulah saya membuka usaha atau bisnis penjualan jam tangan.
Jam tangan (Arloji) adalah penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan elektrik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat oleh The Hamilton Watch Co of Lancaster. Penelitian untuk menghasilkan arloji elektrik (digital) tersebut telah dimulai sejak tahun 1946. Namun pada tahun 1969, Hamilton Electric Obsolete menghentikan produksi arloji elektrik tersebut karena telah menemukan teknologi yang lebih canggih sesuai dengan kemajuan zaman. Setelah itu, munculah beberapa merek jam tangan yang masih ada hingga kini.
Pada saat ini jam tangan selain untuk aksesoris atau sekedar fashion di tangan saja, kini jam tangan juga sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kebanyakan orang karena semakin sibuk nya seseorang dan waktu yang sangat singkat memerlukan seseorang untuk harus tahu waktu setiap saat agar dapat menjalani aktivitas nya sesuai jadwal yang diinginkan, melihat dari peluang ini maka saya memutuskan untuk membuka usaha dalam bidang penjualan jam tangan yang menurut saya cukup menjanjikan dan dalam usaha yang baru saya rintis ini saya memasarkan nya baru melalui mulut ke mulut saja dari teman2 dan dari media blackberry messenger.
Jam tangan (Arloji) adalah penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan elektrik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat oleh The Hamilton Watch Co of Lancaster. Penelitian untuk menghasilkan arloji elektrik (digital) tersebut telah dimulai sejak tahun 1946. Namun pada tahun 1969, Hamilton Electric Obsolete menghentikan produksi arloji elektrik tersebut karena telah menemukan teknologi yang lebih canggih sesuai dengan kemajuan zaman. Setelah itu, munculah beberapa merek jam tangan yang masih ada hingga kini.
Pada saat ini jam tangan selain untuk aksesoris atau sekedar fashion di tangan saja, kini jam tangan juga sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kebanyakan orang karena semakin sibuk nya seseorang dan waktu yang sangat singkat memerlukan seseorang untuk harus tahu waktu setiap saat agar dapat menjalani aktivitas nya sesuai jadwal yang diinginkan, melihat dari peluang ini maka saya memutuskan untuk membuka usaha dalam bidang penjualan jam tangan yang menurut saya cukup menjanjikan dan dalam usaha yang baru saya rintis ini saya memasarkan nya baru melalui mulut ke mulut saja dari teman2 dan dari media blackberry messenger.
B. Rumusan Masalah
1. Apa hal penting dalam persiapan bisnis jam tangan ?
2. Apa kendala dalam bisnis jam tangan ?
3. Apa strategi dalam bisnis jam tangan ?
BAB II
PEMBAHASAN
- Memulai Suatu Bisnis Jam Tangan
Dalam memulai bisnis jam
tangan ini ada beerapa hal penting yang perlu disiapkan antara lain :
1. Yang terpenting saat
ini adalah mengetahui model atau jenis jam tangan seperti apa yang sedang trend
dipasaran dengan cara mengetahui nya dari majalah atau internet, sehingga
produk yang kita tawarkan selalu update mengikuti trend yang ada dan tidak ketinggalan
zaman.
2. Mengetahui harga
pasaran jam tangan yang ada di pasaran, sehingga produk yang kita tawarkan pun
harga nya bisa bersaing dengan para kompetitor penjual jam tangan yang lain.
3. Menjalin kerja sama
denga supplier barang tersebut dengan memberikan penawaran harga yang murah
tetapi tetap tidak mengesampingkan kualitas barang tersebut sehingga kita bisa
menghasilkan keuntungan yang maksimal dengan modal yang sedikit.
4. Harus bisa jelih
melihat pasar atau target konsumen yang akan dicapai dan cara mempromosikan
produk yang akan kita tawarkan pun menjadi salah satu kunci berhasil atau
sukses nya usaha yang akan kita jalankan ini.
Kendala dalam Bisnis Jam Tangan
Kendala dalam
menjalankan bisnis ini adalah tempat supplier yang sangat jauh dari rumah saya
sehingga memerlukan ongkos dan waktu yang tidak sedikit untuk menempuh nya dan
juga penjualan jam tangan dengan merk yang sudah ternama semakin meningkat,
sehingga usaha yang saya jalankan sulit bersaing dengan jam tangan yang telah
mempunyai merk ternama tersebut yang harga nya pun lumayan mahal dan tentu
dengan kualitas yang bagus dan dalam masalah pemasaran pun saya hanya menjual
nya melalui kontak blackberry messenger dan dari mulut ke mulut belum mempunyai
kios atau toko sendiri.
- Strategi dalam Pemasaran
Dalam strategi pemasaran
saya berencana bila mempunyai modal lebih akan membuka toko atau kios penjualan
dan servis jam tangan sendiri dan ingin membuka cabang di kota-kota besar lain
nya untuk bisa mempermudah konsumen dalam memilih dan membeli jam tangan yang
mereka sukai dan juga memperluas nya dengan penjualan sitem online karena pada
era yang sudah sangat maju seperti sekarang ini perkembangan teknologi pun
semakin berkembang yang memungkinkan setiap orang bisa mengakses internet kapan
pun dan dimanapun sehingga dengan sistem online saya rasa salah satu cara yang
cukup ampuh untuk bisa menawarkan produk yang saya tawarkan.
- Kunci Sukses Dalam Bisnis Jam Tangan
Kunci sukses dalam
menjalankan usaha ini adalah harus jeli dalam melihat pasar atau trend yang ada
pada saat ini agar produk yang kita tawarkan tidak ketinggalan zaman dan selalu
update karena para konsumen rata-rata menginginkan suat barang atau produk yang
baru dan juga kita harus bisa menawarkan harga yang bersaing dengan produsen
lain agar produk yang kita tawarkan bisa menarik pelanggan dan kita juga harus
bisa memberikan jasa garansi kepada produk yang kita jual tersebut agar membuat
konsumen menjadi percaya dan loyal kepada kita.
- Analisa Ekonomi Bisnis Jam Tangan
Asumsi per hari terjual
3 produk
Rata-rata produk atau
jam tangan yang saya jual ini berkisar diantara harga Rp.40.000-Rp.100.000
tergantung dari jenis, model dan merek dari jam tangan tersebut dan keuntungan
yang saya ambil dari setiap 1 jam tangan adalah sebesar @Rp.15.000, jadi bila
diasumsikan dalam 1 hari terjual 3 buah jam tangan maka keuntungan yang saya
ambil per hari dari penjualan tersebut adalah Rp.15.000 x 3 = Rp.45.000 dalam 1
hari.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Bisnis jam tangan mempunya prospek yang bagus kedepannya karena pada
saat ini setiap orang selalu ingin update dalam hal bergaya termasuk dalam
pemakaian jam tangan
Referensi
Kaskus.com
Kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar